Time Line

Cara Memilih Tema Blog Terbaik sebenarnya gampang-gampang susah. Anda harus menentukan isi blog apa yang ingin anda buat, materi apa yang ingin anda masukkan ke dalam blog anda.

Apakah perlu memilih tema blog terbaik?

Tentu saja perlu, karena tema blog akan sangat menentukan gaya SEO yang akan anda lakukan pada blog anda nantinya. Contoh, optimasi SEO untuk blog yang berisi tema campuran akan berbeda dengan optimasi SEO untuk blog yang berisi topik tertentu (hanya 1 tema).

Selain itu tema juga sangat mempengaruhi jumlah  potensi traffic blog anda nantinya. Kalau anda memilih tema jual susu sapi, maka akan sangat sulit mengalahkan jumlah pengunjung blog yang mengulas tentang game, teknologi.... Karena jelas sekali potensi pasar setiap tema sangat berbeda jauh.

Untuk cara meningkatkan pengunjung blog anda, silahkan baca: cara meningkatkan pengunjung blog


Dalam memilih tema, saya sangat menyarankan anda untuk memilih tema utama blog anda sesuai dengan keahlian, ataupun sumber daya yang telah anda miliki saat ini.

Misalnya, apabila anda menyukai hal-hal yang berbau game, maka anda membuat blog dengan tema-tema yang berbau game juga. Jika anda menguasai hal-hal yang berbau berita, maka anda sebaiknya memilih tema blog berita.

Intinya, maksimalkanlah apa yang sudah anda kuasai saat ini sebagai tema blog anda, dan saya yakin setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing.

Agar anda tidak bingung, akan saya buat ringkasan.

1. Pilih tema yang anda kuasai
Ini adalah cara agar anda tetap semangat dalam menekuni blog, memilih tema yang dikuasai dapat membuat kita menjadi fokus. Anda akan lebih mudah dalam membuat artikel dan tidak akan kehabisan ide untuk membuat artikel..

2. Pilih tema yang memiliki potensi traffic yang besar
Anda harus memilih tema yang memiliki traffic yang besar, dan tentunya juga dengan sedikit persaingan agar anda bisa lebih mudah menempati posisi yang bagus di SEARCH ENGINE.

Jadi, tema blog apa yang akan anda pilih?
Akan saya list tema blog dibawah ini yang akan membantu anda dalam memilih tema blog anda, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan, pengetahuan, dan kepribadian anda...
  1. Seni
  2. Otomotif
  3. Berita (Memang saat ini ada yang namanya televisi. Berita, info gosip, semua ada disana, tapi jangan salah.. Banyak orang yang lebih senang mencari info berita melalui internet, mungkin karena kesibukan mereka sampai tidak sempat melihat televisi, namun disisi lain mereka tidak ingin ketinggalan berita. Sehingga orang-orang mencari berita yang mereka butuhkan melalui media internet).
  4. Rekreasi
  5. Hiburan
  6. Bisnis (Topik yang sangat terkenal, banyak orang yang ingin mencari uang lewat internet. Jadi, blog tentang bisnis ini sangat cocok untuk orang yang mencari info mengenai bisnis).
  7. Video dan film (Ini adalah topik yang sangat terkenal juga, ini adalah alasan kenapa situs video seperti youtube begitu banyak pengunjungnya).
  8. Musik (Banyak orang yang suka mendengarkan musik, jadi tema musik ini sangat cocok buat anda. Apalagi jika ada musik terbaru, maka blog anda bisa saja memiliki pengunjung yang banyak). 
  9. Software (Orang yang mengakses internet tentunya sebagian besar menggunakan laptop/PC, dan tentunya laptop/PC ini membutuhkan software-software tertentu agar bisa bekerja secara optimal. Dan internet adalah tempat yang tepat untuk mencari dan mendownload Software).
  10. Referensi
  11. Komputer
  12. Teknologi
  13. Ilmu Pengetahuan
  14. Game (Saat ini game sudah banyak digemari orang, muali dari game PC, game APK, game HP, game online, dan lain-lain. Tentunya, kebanyakan orang mendownload game melalui internet).
  15. Jual Beli
  16. Kesehatan
  17. Sosial Masyarakat
  18. Olahraga
  19. Internet
  20. Blogging (Semakin banyak blogger yang ingin mencari trik-trik blogging di internet, tema ini seperti yang dipakai di blog ini).
  21. SEO (Hampir sama dengan blogging)
  22. Travel
  23. UANG
  24. SEKS (Ini adalah tema yang memiliki traffic melimpah, tapi saya tidak menyarankan anda untuk memilih tema ini).
Dari, tema-tema diatas, tema manakah yang paling banyak trafficnya?

Tema Blogging dan SEO seperti blog saya ini memang memiliki traffic yang medium, jadi jika anda ingin membuat blog yang banyak traffic, tema ini mungkin kurang cocok.

Mau tahu, apa tema yang paling banyak dicari orang yang bertraffic tinggi!!

UANG & SEKS

Untuk tema uang, mungkin saya bisa menekuninya dengan berbisnis online seperti PPC, affliasi, dan lain-lain. 

Anda boleh memilih satu tema untuk diriset dan mendapatkan traffic yang melimpah. Sebaiknya anda memilih tema yang anda sukai dan kuasai. Kenapa? karena jika anda menguasai tema tersebut, maka anda akan mudah dalam menulis artikel, dan tidak akan kehabisan ide untuk membuat sebuah artikel..

OK, mungkin itu saja pembahasan mengenai cara memilih tema blog terbaik, semoga bermanfaat untuk anda.

Cara Memilih Tema Blog Terbaik, Niche Yang Paling Tepat!


Cara Memilih Tema Blog Terbaik sebenarnya gampang-gampang susah. Anda harus menentukan isi blog apa yang ingin anda buat, materi apa yang ingin anda masukkan ke dalam blog anda.

Apakah perlu memilih tema blog terbaik?

Tentu saja perlu, karena tema blog akan sangat menentukan gaya SEO yang akan anda lakukan pada blog anda nantinya. Contoh, optimasi SEO untuk blog yang berisi tema campuran akan berbeda dengan optimasi SEO untuk blog yang berisi topik tertentu (hanya 1 tema).

Selain itu tema juga sangat mempengaruhi jumlah  potensi traffic blog anda nantinya. Kalau anda memilih tema jual susu sapi, maka akan sangat sulit mengalahkan jumlah pengunjung blog yang mengulas tentang game, teknologi.... Karena jelas sekali potensi pasar setiap tema sangat berbeda jauh.

Untuk cara meningkatkan pengunjung blog anda, silahkan baca: cara meningkatkan pengunjung blog


Dalam memilih tema, saya sangat menyarankan anda untuk memilih tema utama blog anda sesuai dengan keahlian, ataupun sumber daya yang telah anda miliki saat ini.

Misalnya, apabila anda menyukai hal-hal yang berbau game, maka anda membuat blog dengan tema-tema yang berbau game juga. Jika anda menguasai hal-hal yang berbau berita, maka anda sebaiknya memilih tema blog berita.

Intinya, maksimalkanlah apa yang sudah anda kuasai saat ini sebagai tema blog anda, dan saya yakin setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing.

Agar anda tidak bingung, akan saya buat ringkasan.

1. Pilih tema yang anda kuasai
Ini adalah cara agar anda tetap semangat dalam menekuni blog, memilih tema yang dikuasai dapat membuat kita menjadi fokus. Anda akan lebih mudah dalam membuat artikel dan tidak akan kehabisan ide untuk membuat artikel..

2. Pilih tema yang memiliki potensi traffic yang besar
Anda harus memilih tema yang memiliki traffic yang besar, dan tentunya juga dengan sedikit persaingan agar anda bisa lebih mudah menempati posisi yang bagus di SEARCH ENGINE.

Jadi, tema blog apa yang akan anda pilih?
Akan saya list tema blog dibawah ini yang akan membantu anda dalam memilih tema blog anda, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan, pengetahuan, dan kepribadian anda...
  1. Seni
  2. Otomotif
  3. Berita (Memang saat ini ada yang namanya televisi. Berita, info gosip, semua ada disana, tapi jangan salah.. Banyak orang yang lebih senang mencari info berita melalui internet, mungkin karena kesibukan mereka sampai tidak sempat melihat televisi, namun disisi lain mereka tidak ingin ketinggalan berita. Sehingga orang-orang mencari berita yang mereka butuhkan melalui media internet).
  4. Rekreasi
  5. Hiburan
  6. Bisnis (Topik yang sangat terkenal, banyak orang yang ingin mencari uang lewat internet. Jadi, blog tentang bisnis ini sangat cocok untuk orang yang mencari info mengenai bisnis).
  7. Video dan film (Ini adalah topik yang sangat terkenal juga, ini adalah alasan kenapa situs video seperti youtube begitu banyak pengunjungnya).
  8. Musik (Banyak orang yang suka mendengarkan musik, jadi tema musik ini sangat cocok buat anda. Apalagi jika ada musik terbaru, maka blog anda bisa saja memiliki pengunjung yang banyak). 
  9. Software (Orang yang mengakses internet tentunya sebagian besar menggunakan laptop/PC, dan tentunya laptop/PC ini membutuhkan software-software tertentu agar bisa bekerja secara optimal. Dan internet adalah tempat yang tepat untuk mencari dan mendownload Software).
  10. Referensi
  11. Komputer
  12. Teknologi
  13. Ilmu Pengetahuan
  14. Game (Saat ini game sudah banyak digemari orang, muali dari game PC, game APK, game HP, game online, dan lain-lain. Tentunya, kebanyakan orang mendownload game melalui internet).
  15. Jual Beli
  16. Kesehatan
  17. Sosial Masyarakat
  18. Olahraga
  19. Internet
  20. Blogging (Semakin banyak blogger yang ingin mencari trik-trik blogging di internet, tema ini seperti yang dipakai di blog ini).
  21. SEO (Hampir sama dengan blogging)
  22. Travel
  23. UANG
  24. SEKS (Ini adalah tema yang memiliki traffic melimpah, tapi saya tidak menyarankan anda untuk memilih tema ini).
Dari, tema-tema diatas, tema manakah yang paling banyak trafficnya?

Tema Blogging dan SEO seperti blog saya ini memang memiliki traffic yang medium, jadi jika anda ingin membuat blog yang banyak traffic, tema ini mungkin kurang cocok.

Mau tahu, apa tema yang paling banyak dicari orang yang bertraffic tinggi!!

UANG & SEKS

Untuk tema uang, mungkin saya bisa menekuninya dengan berbisnis online seperti PPC, affliasi, dan lain-lain. 

Anda boleh memilih satu tema untuk diriset dan mendapatkan traffic yang melimpah. Sebaiknya anda memilih tema yang anda sukai dan kuasai. Kenapa? karena jika anda menguasai tema tersebut, maka anda akan mudah dalam menulis artikel, dan tidak akan kehabisan ide untuk membuat sebuah artikel..

OK, mungkin itu saja pembahasan mengenai cara memilih tema blog terbaik, semoga bermanfaat untuk anda.

Posted at 05.03 |  by Anehymous


Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag memang sangat mudah. Aturan yang harus dipenuhi dalam memasang bagian ini agar blog menjadi lebih SEO adalah harus berbeda di setiap postingan.

Seperti yang kita ketahui bahwa yang membuat situs kita berada di posisi teratas google adalah Relevansi. Jadi 3 hal tersebut yaitu Meta DescriptionTitle Tag, dan Heading Tag adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan relevansi situs di mata Search Engine.

Jadi, mari kita bahas saja cara pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag ini
Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
Meta Description 
Poin pertama yang dapat meningkatkan relevansi halaman anda adalah Meta Description. Meta Description itu ada 2, untuk homepage dan untuk halaman artikel. Dalam pengisian deskrpsi, panjang deskripsi maksimal adalah 160 karakter.

Cara pasang Meta Desciption pada homepage
  1. Login ke akun blogger anda
  2. Masuk ke menu Setelan
  3. Klik submenu Prefensi Penelusuran
  4. Pada bagian Tag Meta, aktfkan Deskripsi. Kemudian silahkan isi dengan deskripsi untuk homepage anda.
  5. Klik simpan perubahan
Cara Pasang Meta Description untuk halaman artikel
  1. Setelah anda mengaktifkan deskripsi penelusuran (tutorial diatas), Masuk ke edit entri atau entri baru.
  2. Lihat di bagian sidebar kiri, akan muncul option Deskripsi Penelusuran, isi dengan dengan deskripsi artikel anda 

Title Tag
Poin kedua yang akan kita bahas adalah Title Tag. Letak title tag itu berada di judul artikel di title bar browser. Untuk meningkatkan relevansi dengan Title Tag, anda bisa meletakkan kata kunci blog yang anda incar di Title Tag.

Misalnya halaman anda berjudul "Cara Mengganti Background Blog", maka title tag itu harus menuliskan "Cara Mengganti Background Blog" di title bar browser. Lihat gambar berikut! Yang diberi kotak merah itu adalah letak title tag...



Untuk cara pemasangan Title Tag, saya rasa cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut..
  • Login ke akun blogger anda
  • Masuk ke menu Template, kemudian klik Edit HTML
  • Silahkan lihat kode berikut..
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title> 
  • Cari kode <title>. Kemudian lihat kode dibawah kode tersebut, apakah sama dengan kode diatas. Jika sama, silahkan lanjut ke poin kedua. Jika berbeda, silahkan hapus kode diantara <title> dan </title>
  • Kemudian cari kode <head>
  • Masukkan kode diatas dibawah kode <head>
Heading Tag

Dan poin yang ketiga adalah Heading Tag. Menambah Heading Tag sama saja berkata kepada Search Engine,"Bagian ini paling penting, lebih penting, ini penting, ini yang tidak penting". Jadi menambahkan heading tag memang sangat mudah.


Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai Heading Tag, silahkan baca di artikel Cara Mengatur Heading Tag h1 h2 h3

Jadi dengan mengoptimalkan 3 poin diatas, blog anda akan menjadi lebih SEO friendly dan disukai google. Dengan meningkatkan relevansi blog anda, bisa saja blog anda menduduki ranking tinggi di google. Tapi tetap saja, ini hanyalah beberapa sinyal dari ratusan sinyal untuk berada di halaman satu google.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.




Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag



Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag memang sangat mudah. Aturan yang harus dipenuhi dalam memasang bagian ini agar blog menjadi lebih SEO adalah harus berbeda di setiap postingan.

Seperti yang kita ketahui bahwa yang membuat situs kita berada di posisi teratas google adalah Relevansi. Jadi 3 hal tersebut yaitu Meta DescriptionTitle Tag, dan Heading Tag adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan relevansi situs di mata Search Engine.

Jadi, mari kita bahas saja cara pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag ini
Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
Meta Description 
Poin pertama yang dapat meningkatkan relevansi halaman anda adalah Meta Description. Meta Description itu ada 2, untuk homepage dan untuk halaman artikel. Dalam pengisian deskrpsi, panjang deskripsi maksimal adalah 160 karakter.

Cara pasang Meta Desciption pada homepage
  1. Login ke akun blogger anda
  2. Masuk ke menu Setelan
  3. Klik submenu Prefensi Penelusuran
  4. Pada bagian Tag Meta, aktfkan Deskripsi. Kemudian silahkan isi dengan deskripsi untuk homepage anda.
  5. Klik simpan perubahan
Cara Pasang Meta Description untuk halaman artikel
  1. Setelah anda mengaktifkan deskripsi penelusuran (tutorial diatas), Masuk ke edit entri atau entri baru.
  2. Lihat di bagian sidebar kiri, akan muncul option Deskripsi Penelusuran, isi dengan dengan deskripsi artikel anda 

Title Tag
Poin kedua yang akan kita bahas adalah Title Tag. Letak title tag itu berada di judul artikel di title bar browser. Untuk meningkatkan relevansi dengan Title Tag, anda bisa meletakkan kata kunci blog yang anda incar di Title Tag.

Misalnya halaman anda berjudul "Cara Mengganti Background Blog", maka title tag itu harus menuliskan "Cara Mengganti Background Blog" di title bar browser. Lihat gambar berikut! Yang diberi kotak merah itu adalah letak title tag...



Untuk cara pemasangan Title Tag, saya rasa cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut..
  • Login ke akun blogger anda
  • Masuk ke menu Template, kemudian klik Edit HTML
  • Silahkan lihat kode berikut..
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title> 
  • Cari kode <title>. Kemudian lihat kode dibawah kode tersebut, apakah sama dengan kode diatas. Jika sama, silahkan lanjut ke poin kedua. Jika berbeda, silahkan hapus kode diantara <title> dan </title>
  • Kemudian cari kode <head>
  • Masukkan kode diatas dibawah kode <head>
Heading Tag

Dan poin yang ketiga adalah Heading Tag. Menambah Heading Tag sama saja berkata kepada Search Engine,"Bagian ini paling penting, lebih penting, ini penting, ini yang tidak penting". Jadi menambahkan heading tag memang sangat mudah.


Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai Heading Tag, silahkan baca di artikel Cara Mengatur Heading Tag h1 h2 h3

Jadi dengan mengoptimalkan 3 poin diatas, blog anda akan menjadi lebih SEO friendly dan disukai google. Dengan meningkatkan relevansi blog anda, bisa saja blog anda menduduki ranking tinggi di google. Tapi tetap saja, ini hanyalah beberapa sinyal dari ratusan sinyal untuk berada di halaman satu google.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.




Posted at 04.54 |  by Anehymous



Cara mengetahui persaingan keyword memang sangat mudah. Ini adalah artikel kelanjutan dari cara riset keyword dengan Google Adwords Keyword Tool.. Artikel tersebut berisi cara untuk meriset keyword dan mendapat keyword, tapi masih belum dapat di target.

Kenapa masih belum dapat ditarget?

Karena kita masih belum mengetahui tingkat persaingan keyword tersebut. Jadi saya akan membahas cara mengetahui persaingan keyword di artikel ini.

Mengatahui persaingan keyword berfungsi untuk menentukan keyword yang cocok untuk blog kita, yaitu persaingan yang sedikit dengan pencarian yang tinggi dan dapat kita taklukkan.

OK, jadi kita mulai saja pembahasan mengenai cara mengetahui persaingan keyword ini. 
Cara mengetahui persaingan keyword
OK, saya buat contoh kasus dulu, misalnya saya akan mentarget keyword cara mengetahui persaingan keyword. Jadi mari kita cek persaingan untuk keyword ini..

  • Masuk ke google.com, kemudian ketik keyword yang akan ditarget, yaitu cara mengetahui persaingan keyword.
  • Lihat blog yang memiliki rank di halaman satu saja. Tapi di artikel ini saya akan analisa yang rank 1 saja.


  • Silahkan copy URL artikel yang ada di rank 1
  • Masuk ke Majesticseo
  • Silahkan daftar dulu di situs tersebut
  • Setelah daftar, silahkan login ke akun anda.
  • Silahkan masukkan URL artikel blog tadi di bagian Site Explorer, kemudian klik Explore

  • Lihat hasil dibagian Page Information ( Reffering Domain, External Backlinks ), dan dibagian Link Profile ( Citation Flow, Trust Flow )
  • Pada gambar tersebut, nilai Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow adalah kosong ( - ), ini mendandakan bahwa blog tersebut mudah kita lewati.
  • Jadi untuk mengetahui persaingan keyword, silahkan anda amati Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow dari semua blog yang ada di halaman satu.
Jika nilai dari Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow sangat besar, berarti blog tersebut mungkin akan sulit kita lewati. Tapi jika nilainya sangat kecil atau bahkan tidak ada ( - ) maka blog tersebut mungkin akan mudah kita lewati.
Cara mengalahkan pesaing di google
Setelah anda menentukan keyword yang cocok untuk ditarget, sekarang adalah menaklukkan keyword tersebut. Yang harus anda lakukan minimal adalah...
  1. Membuat sebuah artikel dengan ON-PAGE SEO yang baik
  2. Lihat Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow dari artikel blog pesaing. Silahkan anda kalahkan dengan melebihi jumlah nilai tersebut. Misalnya External backlinks artikel blog pesaing berjumlah 15, maka anda harus memberikan backlink pada artikel anda lebih dari 15, misalnya 20. Anda juga harus memperhatikan kualitas backlink yang anda dapat. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan baca apa yang dimaksud backlink berkualitas
  3. Jika peringkat artikel anda masih dibawah blog pesaing, silahkan lakukan ON-PAGE SEO yang benar pada template anda. Misalnya Title Tag, Heading Tag, Header Halaman, dan lain-lain.
  4. Dan jika masih kalah, silahkan tambah backlink sebanyak-banyaknya ke artikel anda. Tapi jangan sampai melakukan Over Optimization. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai over optimization, silahkan baca Over Optimization pada blog
Ingat : Riset keyword harus dilakukan secara benar, jika tidak maka bisa saja potensi traffic blog anda tidak seperti yang anda inginkan. 

Saya punya pertanyaan untuk anda..
  1. Pilih mana, keyword yang memiliki traffic besar dengan kompetisi sulit. Dan blog anda berada di halaman 3 google
  2. Atau keyword yang memiliki traffic yang kecil dengan kompetisi mudah. Dan blog anda berada di posisi 1 di halaman satu google..
Jujur, kalau saya pasti memilih yang nomor 2. Mengapa demikian? karena lebih baik posisi 1 dengan pencarian yang kecil tapi bisa mendatangkan pengunjung. Daripada memilih keyword bertraffic besar tapi blog berada di halaman 3 google.

Jelas ini akan merugikan blog anda, karena jarang sekali atau bahkan tidak ada orang yang mencari artikel sampai di halaman 3.. Jadi kemungkinan besar blog anda hanya akan mendapat 1 orang saja dari keyword tersebut.

OK, mungkin itu saja pembahasan saya mengenai cara mengetahui persaingan keyword, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda


Cara Mengetahui Persaingan Keyword Dengan Analisis Kekuatan Keyword




Cara mengetahui persaingan keyword memang sangat mudah. Ini adalah artikel kelanjutan dari cara riset keyword dengan Google Adwords Keyword Tool.. Artikel tersebut berisi cara untuk meriset keyword dan mendapat keyword, tapi masih belum dapat di target.

Kenapa masih belum dapat ditarget?

Karena kita masih belum mengetahui tingkat persaingan keyword tersebut. Jadi saya akan membahas cara mengetahui persaingan keyword di artikel ini.

Mengatahui persaingan keyword berfungsi untuk menentukan keyword yang cocok untuk blog kita, yaitu persaingan yang sedikit dengan pencarian yang tinggi dan dapat kita taklukkan.

OK, jadi kita mulai saja pembahasan mengenai cara mengetahui persaingan keyword ini. 
Cara mengetahui persaingan keyword
OK, saya buat contoh kasus dulu, misalnya saya akan mentarget keyword cara mengetahui persaingan keyword. Jadi mari kita cek persaingan untuk keyword ini..

  • Masuk ke google.com, kemudian ketik keyword yang akan ditarget, yaitu cara mengetahui persaingan keyword.
  • Lihat blog yang memiliki rank di halaman satu saja. Tapi di artikel ini saya akan analisa yang rank 1 saja.


  • Silahkan copy URL artikel yang ada di rank 1
  • Masuk ke Majesticseo
  • Silahkan daftar dulu di situs tersebut
  • Setelah daftar, silahkan login ke akun anda.
  • Silahkan masukkan URL artikel blog tadi di bagian Site Explorer, kemudian klik Explore

  • Lihat hasil dibagian Page Information ( Reffering Domain, External Backlinks ), dan dibagian Link Profile ( Citation Flow, Trust Flow )
  • Pada gambar tersebut, nilai Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow adalah kosong ( - ), ini mendandakan bahwa blog tersebut mudah kita lewati.
  • Jadi untuk mengetahui persaingan keyword, silahkan anda amati Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow dari semua blog yang ada di halaman satu.
Jika nilai dari Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow sangat besar, berarti blog tersebut mungkin akan sulit kita lewati. Tapi jika nilainya sangat kecil atau bahkan tidak ada ( - ) maka blog tersebut mungkin akan mudah kita lewati.
Cara mengalahkan pesaing di google
Setelah anda menentukan keyword yang cocok untuk ditarget, sekarang adalah menaklukkan keyword tersebut. Yang harus anda lakukan minimal adalah...
  1. Membuat sebuah artikel dengan ON-PAGE SEO yang baik
  2. Lihat Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow dari artikel blog pesaing. Silahkan anda kalahkan dengan melebihi jumlah nilai tersebut. Misalnya External backlinks artikel blog pesaing berjumlah 15, maka anda harus memberikan backlink pada artikel anda lebih dari 15, misalnya 20. Anda juga harus memperhatikan kualitas backlink yang anda dapat. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan baca apa yang dimaksud backlink berkualitas
  3. Jika peringkat artikel anda masih dibawah blog pesaing, silahkan lakukan ON-PAGE SEO yang benar pada template anda. Misalnya Title Tag, Heading Tag, Header Halaman, dan lain-lain.
  4. Dan jika masih kalah, silahkan tambah backlink sebanyak-banyaknya ke artikel anda. Tapi jangan sampai melakukan Over Optimization. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai over optimization, silahkan baca Over Optimization pada blog
Ingat : Riset keyword harus dilakukan secara benar, jika tidak maka bisa saja potensi traffic blog anda tidak seperti yang anda inginkan. 

Saya punya pertanyaan untuk anda..
  1. Pilih mana, keyword yang memiliki traffic besar dengan kompetisi sulit. Dan blog anda berada di halaman 3 google
  2. Atau keyword yang memiliki traffic yang kecil dengan kompetisi mudah. Dan blog anda berada di posisi 1 di halaman satu google..
Jujur, kalau saya pasti memilih yang nomor 2. Mengapa demikian? karena lebih baik posisi 1 dengan pencarian yang kecil tapi bisa mendatangkan pengunjung. Daripada memilih keyword bertraffic besar tapi blog berada di halaman 3 google.

Jelas ini akan merugikan blog anda, karena jarang sekali atau bahkan tidak ada orang yang mencari artikel sampai di halaman 3.. Jadi kemungkinan besar blog anda hanya akan mendapat 1 orang saja dari keyword tersebut.

OK, mungkin itu saja pembahasan saya mengenai cara mengetahui persaingan keyword, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda


Posted at 02.30 |  by Anehymous




Cara Riset Keyword di Google Keyword Planner sebenarnya sama saja jika menggunakan tool Google Keyword Tool. Google Keyword Planner adalah sebuah layanan yang diluncurkan oleh google untuk membantu anda menganalisis sebuah kata kunci dalam popularitas, lalu lintas, dan persaingan.

Sedikit pengurangan di tool terbaru keyword planner ini yaitu dibagian Match Types, jika Keyword Tool menyediakan 3 pilihan maka keyword planner hanya ada 1 saja yaitu Exact. 

Tapi hal ini tidak berpengaruh besar karena sebagian besar dari blogger melakukan riset kata kunci dengan Exact Types. Exact Types ini akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan sehingga hasil pencarian keyword akan lebih sedikit daripada 2 match types lainnya.

Di sisi lain saya tidak punya cukup waktu untuk menulis artikelnya dan mengurus blog ini, jadi saya akan mengembed saja salah satu video tutorial dari Syamsul Alam.

Simak Video nya dibawah ini..



Semoga video diatas dapat bermanfaat bagi anda dalam melakukan keyword research

Riset Keyword di Google Keyword Planner [VIDEO TUTORIAL]





Cara Riset Keyword di Google Keyword Planner sebenarnya sama saja jika menggunakan tool Google Keyword Tool. Google Keyword Planner adalah sebuah layanan yang diluncurkan oleh google untuk membantu anda menganalisis sebuah kata kunci dalam popularitas, lalu lintas, dan persaingan.

Sedikit pengurangan di tool terbaru keyword planner ini yaitu dibagian Match Types, jika Keyword Tool menyediakan 3 pilihan maka keyword planner hanya ada 1 saja yaitu Exact. 

Tapi hal ini tidak berpengaruh besar karena sebagian besar dari blogger melakukan riset kata kunci dengan Exact Types. Exact Types ini akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan sehingga hasil pencarian keyword akan lebih sedikit daripada 2 match types lainnya.

Di sisi lain saya tidak punya cukup waktu untuk menulis artikelnya dan mengurus blog ini, jadi saya akan mengembed saja salah satu video tutorial dari Syamsul Alam.

Simak Video nya dibawah ini..



Semoga video diatas dapat bermanfaat bagi anda dalam melakukan keyword research

Posted at 02.22 |  by Anehymous
Cara SEO Website, mengalahkan pesaing, dan Menjadi No 1 di Google memang sangat mudah. Kali ini saya akan membahas cara SEO website untuk menaikkan posisi blog anda di Search Engine. 



Saya tahu SEO merupakan hal yang tak bisa dianggap mudah, mungkin sangat sulit bagi kebanyakan dari anda mengingat banyaknya hal yang harus perlu dipelajari dari SEO…

Jadi langsung saja kita ke pembahasan. Secara umum, cara seo website itu ada tiga cara, antara lain..
  1. Keyword Research, adalah mencari keyword dengan jumlah pencarian yang tinggi dengan persaingan yang bisa anda taklukkan.
  2. Onpage SEO, adalah proses men-struktur halaman seperti memberi Meta description, Image Alt Tag, Title Tag, Heading Tag, dan lain-lain.
  3. Offpage SEO, adalah suatu optimasi yang anda lakukan dibelakang layar. Tidak ada pengunjung blog anda yang bisa mengetahui sepenuhnya apa yang anda lakukan. Contoh Offpage SEO adalah mencari backlink, mencari backlink bisa dengan cara berkomentar di blog dofollow, submit artikel di Social Bookmark dofollow, dan lain-lain. Anda juga harus memperhatikan kualitas backlink tersebut. 
Jadi, tiga itulah yang akan kita bahas pada artikel kali ini, yaitu Keyword research, Onpage SEO, dan OFF-PAGE SEO.

Cara SEO Website dan Menjadi No.1 Di Google
Keyword Research (menentukan keyword dengan benar)
Dalam pemilihan Keyword. Anda harus tahu keyword yang apa yang anda incar sebagai keyword utama, dan keyword pendukung situs anda. Dan kebanyakan orang bahkan tidak tahu mereka harus punya keyword untuk diincar... 

Jadi, pikirkan dulu anda mau buat situs tentang apa, untuk apa, siapa orang yang anda incar, dan apa keyword yang akan diketikkan orang di mesin pencari (google, bing, yahoo, dan lain-lain). Keyword yang anda targetkan harus memiliki jumlah pencarian yang besar, dan dengan sedikit persaingan (kompetisi) dan tentunya anda juga harus bisa menaklukkan Keyword tersebut.

Ingat: Jika anda salah dalam melakukan keyword research yang menarget keyword kompetitif akan menjadikan situs anda tanpa traffic. Dan kemungkinan anda akan putus asa di tengah jalan tanpa pernah mendapatkan trafik sedikitpun pun.

Untuk Keyword research ada 2 hal yang harus anda lakukan yaitu Cara Riset Keyword dengan Google AdWords Keyword Tool dan Analisis persaingan keyword.

Onpage Optimization (men-struktur halaman)
Ada banyak sekali hal dalam Onpage optimization, tapi anda tidak perlu tahu semua poin-poin pentingnya.


3 hal yang paling utama dalam Onpage SEO adalah user experience, crawlability, dan Relevansi

Relevansi
Tugas mesin pencari seperti google itu adalah memberikan hasil yang relevan kepada penggunanya. Jadi, jika blog anda relevan maka besar kemungkinan situs anda bisa nangkring di posisi teratas google. Beberapa hal dalam Onpage SEO yang bisa menjadikan situs anda relevan adalah dengan mengatur Title Tag, memberi Heading Tag, Meta DescriptionImage Alt Tag, dan sebagainya..

User experience
Beberapa hal yang digunakan oleh Google untuk menentukan user experience yang dihasilkan dari suatu situs adalah kecepatan loadingbounce rate (semakin kecil nilainya, maka akan semakin baik), kualitas konten (tidak harus panjang, tetapi harus berkualitas), outbound dan inbound link (link keluar) ke halaman yang relevan dan authority, dan lain-lain.

Crawlability
Anda harus memudahkan situs anda untuk di crawl oleh Google. Halaman yang jarang di crawl oleh google maka blog bisa mengalami penurunan peringkat. Dan sebaliknya, halaman yang memiliki crawl yang lebih tinggi maka bisa saja posisi situs lebih tinggi juga di Search Engine.

Untuk cara melakukan Optimasi SEO Onpage super lengkap, silahkan baca Cara melakukan optimasi SEO Onpage

Offpage Optimization (mencari backlink)


Offpage optimization ini adalah topik yang sangat LUAS sekali, bagian ini adalah alasan yang cocok kenapa para master SEO tidak memberikan teknik rahasianya secara cuma-cuma. Jika master SEO memberikan trik rahasia nya ke muka umum, itu artinya sama saja membunuh blognya sendiri.

Dalam OFF-PAGE SEO, ini adalah 80 % dari cara untuk mencari relevansi, sisa nya adalah dari ON-PAGE SEO.

Bagaimana cara mencari RELEVANSI? Cari banyak backlink ke situs anda dengan topik yang setema dengan blog anda, dan dengan Anchor Text yang anda incar. Tidak hanya backlink yang jumlahnya banyak, tetapi backlink juga harus berkualitas.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai backlink berkualitas, silahkan baca apa yang dimaksud Backlink berkualitas? Dan pastikan anda juga harus memilih tema blog terbaik untuk situs anda.

Pertambahan backlink juga harus konsisten, apa maksudnya? Lebih baik 100 backlink perhari daripada 3000 backlink langsung perbulan.

Ok, sekarang anda pasti sudah paham bahwa SEO adalah sebuah cara untuk menjadikan blog kita menjadi blog yang paling relevan dari situs lain. Dengan begitu, blog kita bisa rank tinggi di google dengan mudah.

Untuk menjadikan situs anda berada di posisi yang bagus di Search Engine, bisa juga anda baca Cara halaman satu (page one) di google.

Apakah Hanya 3 itu?
Sebenarnya masih banyak lagi hal yang harus anda perhatikan, misalnya seperti pengunjung.. Anda jangan sekali-kali membuat konten hanya untuk rank tinggi di google..

Google tidak suka situs seperti itu dan mungkin akan ditendang dari SERP.. Sebaiknya anda harus membuat konten yang semata-mata hanya untuk pengunjung.. Tapi tetap anda masih harus mengoptimisasinya agar bisa rank tinggi..

Beberapa Hal Agar Google Suka Blog Kita Karena Pengunjung
Sebenarnya ini sangat mudah sekali, pada dasarnya untuk membuat pengunjung dan google senang adalah konten yang informatif.. Apalagi jika anda memberi link keluar ke situs yang relevan dan Authority sebagai informasi lebih lanjut bagi pengunjung..


Dengan begini, google akan suka dengan blog anda dengan cara yang sangat simple sekali. 


Cara SEO Website

Cara SEO Website, mengalahkan pesaing, dan Menjadi No 1 di Google memang sangat mudah. Kali ini saya akan membahas cara SEO website untuk menaikkan posisi blog anda di Search Engine. 



Saya tahu SEO merupakan hal yang tak bisa dianggap mudah, mungkin sangat sulit bagi kebanyakan dari anda mengingat banyaknya hal yang harus perlu dipelajari dari SEO…

Jadi langsung saja kita ke pembahasan. Secara umum, cara seo website itu ada tiga cara, antara lain..
  1. Keyword Research, adalah mencari keyword dengan jumlah pencarian yang tinggi dengan persaingan yang bisa anda taklukkan.
  2. Onpage SEO, adalah proses men-struktur halaman seperti memberi Meta description, Image Alt Tag, Title Tag, Heading Tag, dan lain-lain.
  3. Offpage SEO, adalah suatu optimasi yang anda lakukan dibelakang layar. Tidak ada pengunjung blog anda yang bisa mengetahui sepenuhnya apa yang anda lakukan. Contoh Offpage SEO adalah mencari backlink, mencari backlink bisa dengan cara berkomentar di blog dofollow, submit artikel di Social Bookmark dofollow, dan lain-lain. Anda juga harus memperhatikan kualitas backlink tersebut. 
Jadi, tiga itulah yang akan kita bahas pada artikel kali ini, yaitu Keyword research, Onpage SEO, dan OFF-PAGE SEO.

Cara SEO Website dan Menjadi No.1 Di Google
Keyword Research (menentukan keyword dengan benar)
Dalam pemilihan Keyword. Anda harus tahu keyword yang apa yang anda incar sebagai keyword utama, dan keyword pendukung situs anda. Dan kebanyakan orang bahkan tidak tahu mereka harus punya keyword untuk diincar... 

Jadi, pikirkan dulu anda mau buat situs tentang apa, untuk apa, siapa orang yang anda incar, dan apa keyword yang akan diketikkan orang di mesin pencari (google, bing, yahoo, dan lain-lain). Keyword yang anda targetkan harus memiliki jumlah pencarian yang besar, dan dengan sedikit persaingan (kompetisi) dan tentunya anda juga harus bisa menaklukkan Keyword tersebut.

Ingat: Jika anda salah dalam melakukan keyword research yang menarget keyword kompetitif akan menjadikan situs anda tanpa traffic. Dan kemungkinan anda akan putus asa di tengah jalan tanpa pernah mendapatkan trafik sedikitpun pun.

Untuk Keyword research ada 2 hal yang harus anda lakukan yaitu Cara Riset Keyword dengan Google AdWords Keyword Tool dan Analisis persaingan keyword.

Onpage Optimization (men-struktur halaman)
Ada banyak sekali hal dalam Onpage optimization, tapi anda tidak perlu tahu semua poin-poin pentingnya.


3 hal yang paling utama dalam Onpage SEO adalah user experience, crawlability, dan Relevansi

Relevansi
Tugas mesin pencari seperti google itu adalah memberikan hasil yang relevan kepada penggunanya. Jadi, jika blog anda relevan maka besar kemungkinan situs anda bisa nangkring di posisi teratas google. Beberapa hal dalam Onpage SEO yang bisa menjadikan situs anda relevan adalah dengan mengatur Title Tag, memberi Heading Tag, Meta DescriptionImage Alt Tag, dan sebagainya..

User experience
Beberapa hal yang digunakan oleh Google untuk menentukan user experience yang dihasilkan dari suatu situs adalah kecepatan loadingbounce rate (semakin kecil nilainya, maka akan semakin baik), kualitas konten (tidak harus panjang, tetapi harus berkualitas), outbound dan inbound link (link keluar) ke halaman yang relevan dan authority, dan lain-lain.

Crawlability
Anda harus memudahkan situs anda untuk di crawl oleh Google. Halaman yang jarang di crawl oleh google maka blog bisa mengalami penurunan peringkat. Dan sebaliknya, halaman yang memiliki crawl yang lebih tinggi maka bisa saja posisi situs lebih tinggi juga di Search Engine.

Untuk cara melakukan Optimasi SEO Onpage super lengkap, silahkan baca Cara melakukan optimasi SEO Onpage

Offpage Optimization (mencari backlink)


Offpage optimization ini adalah topik yang sangat LUAS sekali, bagian ini adalah alasan yang cocok kenapa para master SEO tidak memberikan teknik rahasianya secara cuma-cuma. Jika master SEO memberikan trik rahasia nya ke muka umum, itu artinya sama saja membunuh blognya sendiri.

Dalam OFF-PAGE SEO, ini adalah 80 % dari cara untuk mencari relevansi, sisa nya adalah dari ON-PAGE SEO.

Bagaimana cara mencari RELEVANSI? Cari banyak backlink ke situs anda dengan topik yang setema dengan blog anda, dan dengan Anchor Text yang anda incar. Tidak hanya backlink yang jumlahnya banyak, tetapi backlink juga harus berkualitas.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai backlink berkualitas, silahkan baca apa yang dimaksud Backlink berkualitas? Dan pastikan anda juga harus memilih tema blog terbaik untuk situs anda.

Pertambahan backlink juga harus konsisten, apa maksudnya? Lebih baik 100 backlink perhari daripada 3000 backlink langsung perbulan.

Ok, sekarang anda pasti sudah paham bahwa SEO adalah sebuah cara untuk menjadikan blog kita menjadi blog yang paling relevan dari situs lain. Dengan begitu, blog kita bisa rank tinggi di google dengan mudah.

Untuk menjadikan situs anda berada di posisi yang bagus di Search Engine, bisa juga anda baca Cara halaman satu (page one) di google.

Apakah Hanya 3 itu?
Sebenarnya masih banyak lagi hal yang harus anda perhatikan, misalnya seperti pengunjung.. Anda jangan sekali-kali membuat konten hanya untuk rank tinggi di google..

Google tidak suka situs seperti itu dan mungkin akan ditendang dari SERP.. Sebaiknya anda harus membuat konten yang semata-mata hanya untuk pengunjung.. Tapi tetap anda masih harus mengoptimisasinya agar bisa rank tinggi..

Beberapa Hal Agar Google Suka Blog Kita Karena Pengunjung
Sebenarnya ini sangat mudah sekali, pada dasarnya untuk membuat pengunjung dan google senang adalah konten yang informatif.. Apalagi jika anda memberi link keluar ke situs yang relevan dan Authority sebagai informasi lebih lanjut bagi pengunjung..


Dengan begini, google akan suka dengan blog anda dengan cara yang sangat simple sekali. 


Posted at 02.01 |  by Anehymous




Apa yang Dimaksud Backlink Berkualitas? - Backlink adalah link dari blog lain yang mengarah ke blog kita. Backlink ini memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu blog.

Backlink yang baik juga didukung dengan Anchor Text yang baik juga. Anchor Text adalah teks yang terlihat oleh kita saat mengklik suatu link. Disamping penggunaan Anchor Text yang baik, kira-kira apakah menurut anda setiap backlink memiliki kualitas yang sama?

Pasti tidak..

Ada backlink yang memberikan kualitas peningkatan SEO yang baik bagi suatu blog, ada juga backlink yang memberikan pengaruh yang biasa-biasa saja.

Jadi, mari kita bahas apa saja yang mempengaruhi kualitas sebuah backlink...

Backlink Dofollow, bukan Nofollow


Backlink itu harus Dofollow, dan bukan Nofollow, karena google itu menghitung backlink jika backlink tersebut adalah backlink Dofollow. Jika Nofollow maka google akan megabaikan backlink tersebut.


Dalam pernyataan google, backlink Nofollow tidak memberi poin sedikitpun. Tapi walau bagaimanapun, backlink nofollow masih saja tetap diindeks oleh google. Lihat saja youtube, coba dapatkan link dari sana, kemudian cek di google webmaster.

Kedua tag ini memiliki fungsi masing-masing.. Jadi cari saja keduanya, kita tidak rugi kan?

Pagerank suatu halaman yang kita pasangi link
Apabila anda mendapatkan link dari halaman-halaman tertentu dari situs yang memiliki Pagerank tinggi, tentunya link yang anda buat tersebut akan menjadi link yang lebih berkualitas daripada mendapat link dari situs yang tidak memiliki Pagerank, atau memiliki Pagerank tapi rendah.

Ingat: yang dihitung sebagai poin adalah halaman artikel dan bukan homepage. Percuma saja jika homepage nya memiliki PR 8, tapi halaman yang anda pasangi link hanya memiliki PR 0.

Apakah halaman yang memiliki PR 0 tidak perlu dipasaingi link?

Tentu tetap perlu, halaman PR 0 masih lebih baik daripada PR N/A. PR 0 bukan berarti tidak memiliki poin sama sekali, bisa saja 0,5. Jadi, lebih baik pasang saja, kita tidak rugi kan?

Tapi anda juga masih harus memperhatikan Outbound link halaman tersebut, cari halaman yang memiliki sedikit outbound link.

Jumlah Outbound link dari halaman yang kita pasangi link
Jika anda ingin mencari backlink, maka pastikan jumlah Outbound link halaman situs tersebut berjumlah 100 kebawah. Karena kalau lebih dari itu, maka poin backlink yang akan anda dapatkan nanti nya akan sangat kecil, apalagi jika halaman tersebut PR nya kecil.

Apakah poin yang diberikan akan dibagi rata?

Tentu tidak, itu tergantung dimana letak posisi link anda.

Relevansi halaman yang kita pasangi backlink
Jika anda mempunyai website tentang game yang ingin anda optimasi, maka alangkah lebih baik jika anda membangun link yang mengarah ke website anda tersebut melalui website yang memiliki isi yang relevan dengan website anda. Yaitu website yang berisi game juga, daripada anda berkomentar pada website yang membahas tentang kesehatan, karena kualitas backlink nanti akan berbeda.

Posisi letak juga berpengaruh pada kualitas backlink
Jika link yang memiliki Anchor text A berada tepat diatas Anchor Text B, maka pasti nilai backlink A lebih baik daripada A. Posisi link sebelum artikel juga memiiliki nilai yang lebih baik daripada link setelah artikel. Sungguh beruntunglah blogger yang memakai Anchor Text A, mereka mendapat poin lebih daripada yang memakai Anchor Text B,C, dan seterusnya....

Jadi, itulah faktor-faktor yang menentukan kualitas sebuah backlink.


Apa yang dimaksud Backlink berkualitas?





Apa yang Dimaksud Backlink Berkualitas? - Backlink adalah link dari blog lain yang mengarah ke blog kita. Backlink ini memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu blog.

Backlink yang baik juga didukung dengan Anchor Text yang baik juga. Anchor Text adalah teks yang terlihat oleh kita saat mengklik suatu link. Disamping penggunaan Anchor Text yang baik, kira-kira apakah menurut anda setiap backlink memiliki kualitas yang sama?

Pasti tidak..

Ada backlink yang memberikan kualitas peningkatan SEO yang baik bagi suatu blog, ada juga backlink yang memberikan pengaruh yang biasa-biasa saja.

Jadi, mari kita bahas apa saja yang mempengaruhi kualitas sebuah backlink...

Backlink Dofollow, bukan Nofollow


Backlink itu harus Dofollow, dan bukan Nofollow, karena google itu menghitung backlink jika backlink tersebut adalah backlink Dofollow. Jika Nofollow maka google akan megabaikan backlink tersebut.


Dalam pernyataan google, backlink Nofollow tidak memberi poin sedikitpun. Tapi walau bagaimanapun, backlink nofollow masih saja tetap diindeks oleh google. Lihat saja youtube, coba dapatkan link dari sana, kemudian cek di google webmaster.

Kedua tag ini memiliki fungsi masing-masing.. Jadi cari saja keduanya, kita tidak rugi kan?

Pagerank suatu halaman yang kita pasangi link
Apabila anda mendapatkan link dari halaman-halaman tertentu dari situs yang memiliki Pagerank tinggi, tentunya link yang anda buat tersebut akan menjadi link yang lebih berkualitas daripada mendapat link dari situs yang tidak memiliki Pagerank, atau memiliki Pagerank tapi rendah.

Ingat: yang dihitung sebagai poin adalah halaman artikel dan bukan homepage. Percuma saja jika homepage nya memiliki PR 8, tapi halaman yang anda pasangi link hanya memiliki PR 0.

Apakah halaman yang memiliki PR 0 tidak perlu dipasaingi link?

Tentu tetap perlu, halaman PR 0 masih lebih baik daripada PR N/A. PR 0 bukan berarti tidak memiliki poin sama sekali, bisa saja 0,5. Jadi, lebih baik pasang saja, kita tidak rugi kan?

Tapi anda juga masih harus memperhatikan Outbound link halaman tersebut, cari halaman yang memiliki sedikit outbound link.

Jumlah Outbound link dari halaman yang kita pasangi link
Jika anda ingin mencari backlink, maka pastikan jumlah Outbound link halaman situs tersebut berjumlah 100 kebawah. Karena kalau lebih dari itu, maka poin backlink yang akan anda dapatkan nanti nya akan sangat kecil, apalagi jika halaman tersebut PR nya kecil.

Apakah poin yang diberikan akan dibagi rata?

Tentu tidak, itu tergantung dimana letak posisi link anda.

Relevansi halaman yang kita pasangi backlink
Jika anda mempunyai website tentang game yang ingin anda optimasi, maka alangkah lebih baik jika anda membangun link yang mengarah ke website anda tersebut melalui website yang memiliki isi yang relevan dengan website anda. Yaitu website yang berisi game juga, daripada anda berkomentar pada website yang membahas tentang kesehatan, karena kualitas backlink nanti akan berbeda.

Posisi letak juga berpengaruh pada kualitas backlink
Jika link yang memiliki Anchor text A berada tepat diatas Anchor Text B, maka pasti nilai backlink A lebih baik daripada A. Posisi link sebelum artikel juga memiiliki nilai yang lebih baik daripada link setelah artikel. Sungguh beruntunglah blogger yang memakai Anchor Text A, mereka mendapat poin lebih daripada yang memakai Anchor Text B,C, dan seterusnya....

Jadi, itulah faktor-faktor yang menentukan kualitas sebuah backlink.


Posted at 01.45 |  by Anehymous




Cara mengatur Heading Tag h1 h2 h3 pada blog memang sangat mudah sekali jika anda mengerti. Pada saat kita memberi heading tag pada bagian tertentu pada teks di blog, itu sama saja dengan berkata kepada robot "Bagian ini yang terpenting, ini yang lebih penting, ini yang penting, dan ini yang agak penting".

Dengan cara ini, kita bisa memberi tahu robot bahwa bagian teks ini adalah yang terpenting atau tidak. Jadi, kita harus mengatur heading tag dengan benar.

Sebelum masuk tutorial, ada baiknya anda ketahui dulu aturan dan urutan dalam heading tag:
Aturan Heading tag
  1. H1 adalah yang paling penting dan H2-H6 adalah urutan selanjutnya.
  2. H1 hanya boleh ada 1 untuk setiap halaman dan WAJIB ADA, sedangkan H2-H6 boleh lebih dari satu.
  3. Semua heading sebaiknya mengandung kata kunci.
  4. Jangan terlalu banyak pengulangan kata yang sama dalam satu heading tag.
  5. Judul Postingan sebaiknya diberi tag H2.
  6. Judul Widget sebaiknya diberi H3.
  7. dan lain-lain
Urutan heading tag
  1. Heading Tag H1 harus menjadi heading pada nama blog, dan juga judul artikel saat di halaman artikel.
  2. Heading Tag H2 sebaiknya dipakai pada judul artikel pada halaman beranda dan nama blog pada halaman artikel. Disarankan juga untuk deskripsi blog yang berada dibawah judul blog.
  3. Heading Tag H3 disarankan untuk judul widget.
  4. Heading Tag H4 juga bisa untuk judul widget dan jumlah komentar pada blog
  5. Heading Tag H5 dipakai untuk nama pemberi komentar
  6. Heading Tag H6 untuk link credit seperti Powered By Blogger
Setelah anda mengetahui aturan dan urutan dalam heading tag, sekarang masuk ke tutorialnya. Ikuti langkah-langkah berikut...
Mengatur Judul Artikel
Ikuti prosedur di bawah ini untuk mengubah judul artikel:
  1. Masuk ke akun blogger anda, klik menu TEMPLATE.
  2. Klik EDIT HTML, kemudian tekan Control + F pada keyboard komputer anda.
  3. Cari kode h3.post 
  4. Kode seperti ini bisa lebih dari satu. Ubah semuanya menjadi h2.post
  5. Jika sudah, sekarang cari semua kode <h3 class='post
  6. Ubah semuanya menjadi <h2 class='post
  7. Ubah juga end tag pada kode tersebut, ubah </h3> menjadi </h2>
  8. Klik SIMPAN TEMPLATE
Mengatur Judul Widget Menjadi H3
  • Masuk ke EDIT HTML
  • Cari kode HTML semua widget blog anda.
  • Contoh kode widget popular posts:
<b:widget id='PopularPosts1' locked='false' title='Popular Posts' type='PopularPosts'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
  • Ganti kode yang berwarna merah dengan kode <h3><data:title/></h3> 
  • Jika semua widget sudah anda atur, silahkan klik SIMPAN TEMPLATE
Mengatur Deskripsi Blog Menjadi H2
  • Cari kode <div class='descriptionwrapper'>
  • Lihat kode setelah kode <div class='descriptionwrapper'>
  • Kodenya seperti ini,                               
  <div class='descriptionwrapper'>
   <p class='description'><span><data:description/></span></p>

Kode diatas bisa saja berbeda dengan blog anda, tetapi tidak masalah, silahkan ikuti saja langkah-langkah nya. 
  • Kode yang berwarna merah adalah kode setelah kode <div class='descriptionwrapper'>.
  • Silahkan ganti kode yang berwarna merah tersebut dengan kode 
<h2 class='description'><span><data:description/></span></h2>
  • Klik SIMPAN TEMPLATE
Cara mengatur heading tag pada editor entri
Pada Icon Editor artikel sudah ada pilihan untuk menentukan Heading Tag. Anda cukup memilih HEADING untuk H2, SUB HEADING untuk H3, dan MINOR HEADING untuk H4. Anda hanya tinggal menandai kata kunci yang penting atau kata kunci yang diincar di heading tag, dan silahkan tentukan headingnya.... 

Jadi, itulah cara mengatur Heading Tag h1 h2 h3 agar blog menjadi lebih SEO friendly. Tapi tetap saja, agar blog berada di halaman satu google, jangan hanya mengandalkan cara ini saja. Ini hanyalah 1 cara dari beratus-ratus cara lainnya. Anda juga harus mengoptimalkan teknik SEO yaitu Onpage SEO Optimization dan Offpage SEO Optimization.


Mengatur Heading Tag h1 h2 h3 Pada Blog





Cara mengatur Heading Tag h1 h2 h3 pada blog memang sangat mudah sekali jika anda mengerti. Pada saat kita memberi heading tag pada bagian tertentu pada teks di blog, itu sama saja dengan berkata kepada robot "Bagian ini yang terpenting, ini yang lebih penting, ini yang penting, dan ini yang agak penting".

Dengan cara ini, kita bisa memberi tahu robot bahwa bagian teks ini adalah yang terpenting atau tidak. Jadi, kita harus mengatur heading tag dengan benar.

Sebelum masuk tutorial, ada baiknya anda ketahui dulu aturan dan urutan dalam heading tag:
Aturan Heading tag
  1. H1 adalah yang paling penting dan H2-H6 adalah urutan selanjutnya.
  2. H1 hanya boleh ada 1 untuk setiap halaman dan WAJIB ADA, sedangkan H2-H6 boleh lebih dari satu.
  3. Semua heading sebaiknya mengandung kata kunci.
  4. Jangan terlalu banyak pengulangan kata yang sama dalam satu heading tag.
  5. Judul Postingan sebaiknya diberi tag H2.
  6. Judul Widget sebaiknya diberi H3.
  7. dan lain-lain
Urutan heading tag
  1. Heading Tag H1 harus menjadi heading pada nama blog, dan juga judul artikel saat di halaman artikel.
  2. Heading Tag H2 sebaiknya dipakai pada judul artikel pada halaman beranda dan nama blog pada halaman artikel. Disarankan juga untuk deskripsi blog yang berada dibawah judul blog.
  3. Heading Tag H3 disarankan untuk judul widget.
  4. Heading Tag H4 juga bisa untuk judul widget dan jumlah komentar pada blog
  5. Heading Tag H5 dipakai untuk nama pemberi komentar
  6. Heading Tag H6 untuk link credit seperti Powered By Blogger
Setelah anda mengetahui aturan dan urutan dalam heading tag, sekarang masuk ke tutorialnya. Ikuti langkah-langkah berikut...
Mengatur Judul Artikel
Ikuti prosedur di bawah ini untuk mengubah judul artikel:
  1. Masuk ke akun blogger anda, klik menu TEMPLATE.
  2. Klik EDIT HTML, kemudian tekan Control + F pada keyboard komputer anda.
  3. Cari kode h3.post 
  4. Kode seperti ini bisa lebih dari satu. Ubah semuanya menjadi h2.post
  5. Jika sudah, sekarang cari semua kode <h3 class='post
  6. Ubah semuanya menjadi <h2 class='post
  7. Ubah juga end tag pada kode tersebut, ubah </h3> menjadi </h2>
  8. Klik SIMPAN TEMPLATE
Mengatur Judul Widget Menjadi H3
  • Masuk ke EDIT HTML
  • Cari kode HTML semua widget blog anda.
  • Contoh kode widget popular posts:
<b:widget id='PopularPosts1' locked='false' title='Popular Posts' type='PopularPosts'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
  • Ganti kode yang berwarna merah dengan kode <h3><data:title/></h3> 
  • Jika semua widget sudah anda atur, silahkan klik SIMPAN TEMPLATE
Mengatur Deskripsi Blog Menjadi H2
  • Cari kode <div class='descriptionwrapper'>
  • Lihat kode setelah kode <div class='descriptionwrapper'>
  • Kodenya seperti ini,                               
  <div class='descriptionwrapper'>
   <p class='description'><span><data:description/></span></p>

Kode diatas bisa saja berbeda dengan blog anda, tetapi tidak masalah, silahkan ikuti saja langkah-langkah nya. 
  • Kode yang berwarna merah adalah kode setelah kode <div class='descriptionwrapper'>.
  • Silahkan ganti kode yang berwarna merah tersebut dengan kode 
<h2 class='description'><span><data:description/></span></h2>
  • Klik SIMPAN TEMPLATE
Cara mengatur heading tag pada editor entri
Pada Icon Editor artikel sudah ada pilihan untuk menentukan Heading Tag. Anda cukup memilih HEADING untuk H2, SUB HEADING untuk H3, dan MINOR HEADING untuk H4. Anda hanya tinggal menandai kata kunci yang penting atau kata kunci yang diincar di heading tag, dan silahkan tentukan headingnya.... 

Jadi, itulah cara mengatur Heading Tag h1 h2 h3 agar blog menjadi lebih SEO friendly. Tapi tetap saja, agar blog berada di halaman satu google, jangan hanya mengandalkan cara ini saja. Ini hanyalah 1 cara dari beratus-ratus cara lainnya. Anda juga harus mengoptimalkan teknik SEO yaitu Onpage SEO Optimization dan Offpage SEO Optimization.


Posted at 01.28 |  by Anehymous





Cara agar blog tampil di halaman pertama google itu mudah! Seperti yang kita ketahui, bahwa yang menjadikan halaman kita ranking tinggi di google itu adalah RELEVANSI. Untuk mendapat halaman satu, ada 2 cara yaitu:
  1. Target keyword yang banyak dicari tapi dengan sedikit kompetisi
  2. Target keyword yang sulit, kompetisi yang banyak, kalau anda pilih ini berarti anda harus pintar dalam SEO.
Pada artikel kali ini, kita akan membahas poin yang kedua, yaitu target keyword yang sulit, kompetisi yang banyak.

Nah, bagaimana cara agar halaman kita relevan dengan kata kunci yang diincar? Yang pertama adalah Onpage SEO dan Offpage Optimization, anda harus sudah tahu apa istilah optimasi tersebut, kalau belum tahu, silahkan baca: Apa itu Search Engine Optimization (SEO)? dan 2 optimasi SEO pada blog.

Yang pertama yang akan saya bahas adalah meningkatkan relevansi dengan ON-PAGE SEO,
Cara Melakukan Onpage Opitmization
Untuk ON-PAGE SEO ini, pastikan keyword yang anda incar ada pada..
Lima hal diatas hanya bagian basic-nya, tapi itu adalah hal yang paling penting. Sisanya anda tinggal mempercepat loading blog anda, bagaimana situs anda terstruktur secara merata?, jangan sampai ada error web crawl pada situs anda, dan sebagainya.

Hal itu hanya sebagai pelengkap, jadi optimalkan dulu lima poin diatas. Dan jika anda ingin lebih lengkap bisa anda baca di artikel Cara melakukan optimisasi SEO Onpage pada blog
Cara Melakukan Optimisasi SEO Offpage
Masih ingat? Yang paling penting untuk ranking tinggi di google itu adalah RELEVANSI.

Untuk Offpage SEO ini, yang paling mendasar adalah backlink, hanya itu. Jadi, backlink memiliki seni nya tersendiri, ada Anchor Text.

Semakin banyak anchor text yang mengarah ke blog anda, maka blog anda akan mudah menguasai kata kunci dengan teks tersebut, jadi anda akan lebih mudah menguasai halaman pertama google.

Bagaimana Achor Text yang baik itu? 

Anchor Text yang baik itu harus berhubungan dengan konten dari link itu sendiri. Anchor Text yang baik tentunya membuat pembacanya tahu arah tuju link tersebut. Dan yang paling penting, Search engine lebih tertarik menampilkan link yang relevan dengan keyword yang dicari

Jadi, jangan lagi memakai Anchor Text yang tidak berhubungan dengan link-nya, Bagaimana caranya? mudah saja, anda harus membuat Anchor Text yang URL tujuan dapat diketahui pengunjung blog itu.

Jadi, cara mendapat halaman pertama di google itu mudah. Agar anda tidak bingung, mari kita rangkum...
  1. On Page SEO yang baik
  2. Situs yang tanpa error, cepat, mudah di crawl Google, teroptimasi untuk SEO  
  3. Off Page SEO dari halaman PR tinggi yang relevan, banyak, dan terlihat natural.
Jadi, ingat! SEO itu mudah asalkan anda mengerti...
Kalau SEO itu mudah, kenapa banyak yang gagal?
Salah satu alasan kenapa mereka gagal mendapat halaman satu atau ranking satu adalah karena mereka payah. Mereka fokus pada trik SEO yang sudah basi atau trik SEO yang tidak bisa bertahan lama.

Fokus pada trik sendiri itu sudah salah, SEO itu adalah teknik jangka panjang. SEO yang bagus harus berdasarkan strategi yang tepat untuk membangun situs-situs ber-pagerank tinggi yang relevan dengan kata kunci yang anda incar.

Jadi, mulai sekarang bangunlah link dengan anchor text yang beragam dan pastinya juga harus relevan.

Kesalahan lain adalah karena mereka membangun link di tempat yang salah. Banyak yang membangun backlink dari blog comment, jelas saja posisi mereka sulit naik. Jadi, manfaatkanlah cara lain seperti membangun backlink dari situs SOCIAL BOOKMARK, forum, dan lain-lain.
Bagaimana jika ingin menjadi ahli dalam SEO?
Banyak orang yang membagikan informasi di forum-forum, tetapi sebagian besar belum mengerti apa yang mereka katakan. Jadi sebaiknya kurangilah belajar di forum..

Jika anda ingin menjadi ahli dalam SEO ada 2 cara, yaitu..

Asah kemampuan anda dengan ber-eksperimen
Habiskan waktu anda untuk bereksperimen, bagaimana caranya? anda bisa membuat sebuah artikel, kemudian optimasilah artikel tersebut sesuai kemampuan yang anda miliki.

Perhatikanlah hal-hal yang dapat meningkatkan posisi situs anda dan hal-hal yang dapat menurunkan posisi situs anda. Dengan cara seperti ini, anda dapat mendapat jawaban yang sebenarnya, anda juga bisa menambah pengalaman dalam me-ranking sebuah situs.

Belajarlah dari orang yang benar-benar ahli dalam SEO 
Jika anda tidak memiliki waktu untuk ber-eksperimen, maka anda bisa belajar SEO dari orang yang benar-benar berpengalaman dalam SEO.

Jadi, itulah cara mudah mendapat rank pejwan atau halaman satu di google. Sekali lagi saya ingatkan bahwa yang paling penting adalah relevansi.


Cara Halaman Satu (Page One) di Google Dengan Mudah






Cara agar blog tampil di halaman pertama google itu mudah! Seperti yang kita ketahui, bahwa yang menjadikan halaman kita ranking tinggi di google itu adalah RELEVANSI. Untuk mendapat halaman satu, ada 2 cara yaitu:
  1. Target keyword yang banyak dicari tapi dengan sedikit kompetisi
  2. Target keyword yang sulit, kompetisi yang banyak, kalau anda pilih ini berarti anda harus pintar dalam SEO.
Pada artikel kali ini, kita akan membahas poin yang kedua, yaitu target keyword yang sulit, kompetisi yang banyak.

Nah, bagaimana cara agar halaman kita relevan dengan kata kunci yang diincar? Yang pertama adalah Onpage SEO dan Offpage Optimization, anda harus sudah tahu apa istilah optimasi tersebut, kalau belum tahu, silahkan baca: Apa itu Search Engine Optimization (SEO)? dan 2 optimasi SEO pada blog.

Yang pertama yang akan saya bahas adalah meningkatkan relevansi dengan ON-PAGE SEO,
Cara Melakukan Onpage Opitmization
Untuk ON-PAGE SEO ini, pastikan keyword yang anda incar ada pada..
Lima hal diatas hanya bagian basic-nya, tapi itu adalah hal yang paling penting. Sisanya anda tinggal mempercepat loading blog anda, bagaimana situs anda terstruktur secara merata?, jangan sampai ada error web crawl pada situs anda, dan sebagainya.

Hal itu hanya sebagai pelengkap, jadi optimalkan dulu lima poin diatas. Dan jika anda ingin lebih lengkap bisa anda baca di artikel Cara melakukan optimisasi SEO Onpage pada blog
Cara Melakukan Optimisasi SEO Offpage
Masih ingat? Yang paling penting untuk ranking tinggi di google itu adalah RELEVANSI.

Untuk Offpage SEO ini, yang paling mendasar adalah backlink, hanya itu. Jadi, backlink memiliki seni nya tersendiri, ada Anchor Text.

Semakin banyak anchor text yang mengarah ke blog anda, maka blog anda akan mudah menguasai kata kunci dengan teks tersebut, jadi anda akan lebih mudah menguasai halaman pertama google.

Bagaimana Achor Text yang baik itu? 

Anchor Text yang baik itu harus berhubungan dengan konten dari link itu sendiri. Anchor Text yang baik tentunya membuat pembacanya tahu arah tuju link tersebut. Dan yang paling penting, Search engine lebih tertarik menampilkan link yang relevan dengan keyword yang dicari

Jadi, jangan lagi memakai Anchor Text yang tidak berhubungan dengan link-nya, Bagaimana caranya? mudah saja, anda harus membuat Anchor Text yang URL tujuan dapat diketahui pengunjung blog itu.

Jadi, cara mendapat halaman pertama di google itu mudah. Agar anda tidak bingung, mari kita rangkum...
  1. On Page SEO yang baik
  2. Situs yang tanpa error, cepat, mudah di crawl Google, teroptimasi untuk SEO  
  3. Off Page SEO dari halaman PR tinggi yang relevan, banyak, dan terlihat natural.
Jadi, ingat! SEO itu mudah asalkan anda mengerti...
Kalau SEO itu mudah, kenapa banyak yang gagal?
Salah satu alasan kenapa mereka gagal mendapat halaman satu atau ranking satu adalah karena mereka payah. Mereka fokus pada trik SEO yang sudah basi atau trik SEO yang tidak bisa bertahan lama.

Fokus pada trik sendiri itu sudah salah, SEO itu adalah teknik jangka panjang. SEO yang bagus harus berdasarkan strategi yang tepat untuk membangun situs-situs ber-pagerank tinggi yang relevan dengan kata kunci yang anda incar.

Jadi, mulai sekarang bangunlah link dengan anchor text yang beragam dan pastinya juga harus relevan.

Kesalahan lain adalah karena mereka membangun link di tempat yang salah. Banyak yang membangun backlink dari blog comment, jelas saja posisi mereka sulit naik. Jadi, manfaatkanlah cara lain seperti membangun backlink dari situs SOCIAL BOOKMARK, forum, dan lain-lain.
Bagaimana jika ingin menjadi ahli dalam SEO?
Banyak orang yang membagikan informasi di forum-forum, tetapi sebagian besar belum mengerti apa yang mereka katakan. Jadi sebaiknya kurangilah belajar di forum..

Jika anda ingin menjadi ahli dalam SEO ada 2 cara, yaitu..

Asah kemampuan anda dengan ber-eksperimen
Habiskan waktu anda untuk bereksperimen, bagaimana caranya? anda bisa membuat sebuah artikel, kemudian optimasilah artikel tersebut sesuai kemampuan yang anda miliki.

Perhatikanlah hal-hal yang dapat meningkatkan posisi situs anda dan hal-hal yang dapat menurunkan posisi situs anda. Dengan cara seperti ini, anda dapat mendapat jawaban yang sebenarnya, anda juga bisa menambah pengalaman dalam me-ranking sebuah situs.

Belajarlah dari orang yang benar-benar ahli dalam SEO 
Jika anda tidak memiliki waktu untuk ber-eksperimen, maka anda bisa belajar SEO dari orang yang benar-benar berpengalaman dalam SEO.

Jadi, itulah cara mudah mendapat rank pejwan atau halaman satu di google. Sekali lagi saya ingatkan bahwa yang paling penting adalah relevansi.


Posted at 01.23 |  by Anehymous
Powered By Blogger
© 2013 Planet Anehnymous. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top