Pengertian SEO Search Engine Optimization

Posted by Anehymous  |  at  00.06 No comments



Pengertian SEO Search Engine Optimization. SEO adalah sesuatu yang dilakukan untuk menaikkan posisi blog di Search Engine seperti google, bing, dan sebagainya. Apa tujuan belajar dan melakukan SEO? pastinya untuk membuat blog anda mendapat banyak pengunjung dari Search Engine.

Jadi, ada 2 macam SEO, yaitu Onpage SEO dan Offpage SEO.

SEO ini bisa dikatakan mudah dan sulit. Mengapa dikatakan mudah? karena SEO itu memang prosenya mudah jika anda sudah mengerti, mengapa dikatakan sulit? karena proses SEO ini cukup panjang dan kadang membutuhkan pengetahuan SEO yang jarang dimiliki orang. 

Jika anda memang benar-benar seorang pemula dan belum mengerti apa-apa tentang SEO, proses SEO ini memang akan berjalan sulit.

Jadi, lanjut saja kita belajar SEO...
Mengapa SEO itu perlu?

Anggap saja anda adalah seorang pedagang online pakaian wanita yang ingin agar produk anda dibeli orang, apakah barang akan langsung dibeli? pastinya tidak, mana mungkin situs anda ditemui banyak orang dengan sendirinya... Jadi SEO yang digunakan kali ini adalah menampilkan posisi situs kita di Search Engine...

Apakah hanya menampilkan posisi situs di Search Engine saja? tentu tidak, masih banyak situs-situs pakaian wanita lain yang ingin produknya dibeli orang, jadi anda harus bersaing dengan situs-situs tersebut.. 


Jadi itulah arti SEO sebenarnya... Sebuah pertandingan yang diikuti oleh puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang untuk mendapat juara 1 di Search Engine..

Cara Agar Blog anda Rank Tinggi di Search Engine

Yang pertama kali akan saya luruskan adalah hal yang menjadikan situs kita ranking di google itu adalah Relevansi. Bagaimana cara agar halaman kita relevan?

Yang harus anda lakukan adalah Onpage dan Offpage SEO nya dioptimalkan. Bagaimana caranya?

Sebelumnya...

Keyword Research dulu.. Karena tanpa keyword research yang benar, maka Onpage dan Offpage SEO akan sangat sulit sekali.

Cara Keyword Research (Mencari Keyword yang tepat)
Keyword Research  adalah proses SEO untuk mencari kata kunci tertarget yang tepat dengan pencarian tinggi dan persaingan serendah mungkin..

Anda bisa lihat di keyword "Cara SEO", atau "Cara SEO Website".. Di Keyword Planner keyword tersebut dicari oleh 800 orang perbulannya.. Masih terbilang kecil tapi persainggannya juga sangat gampang sekali menurut saya sehingga saya bisa rank 1 di keyword tersebut.

Berbeda dengan keyword "Buat Email", atau "Cara membuat email". Keyword yang super duper kompetitif dengan pencarian 40 ribu dan 70 ribu perbulan.. Bisa anda bayangkan traffic yang akan anda dapatkan jika bisa rank tinggi di google..

Onpage SEO (Meng-optimisasi Halaman)
onpage-factors2.png
Jika ingin halaman anda relevan, maka pastikan kata kunci yang anda incar ada pada..
  1. Title TAG
  2. URL & description artikel
  3. Heading tag (h1, h2, h3, dan seterusnya...)
  4. Image file name dan image alt tag
  5. kalimat pertama dalam artikel anda.
Jadi, saya yakin itu lebih dari 80% dari semuanya, sisanya adalah mempercepat loading blog, mengoptimalkan link rusak, mengoptimalkan web crawl blog anda.

Selengkapnya bisa anda baca di artikel Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage pada blog. Di artikel tersebut akan saya jelaskan sangat lengkap mengenai Onpage Optimization.. 

Offpage SEO 

Dalam Offpage SEO ini ada yang namanya backlink dan anchor text. ANCHOR TEXT ini adalah text yang terlihat saat akan mengklik sebuah link.. Ini juga termasuk faktor penting dalam Offpage SEO karena Anchor Text tidak bisa lepas dari backlink.
  
Google itu menilai situs anda relevan untuk kata kunci tertentu, (misalnya anda membuat artikel mengenai “game MOTO GP”) ketika ada halaman PR tinggi tentang Game MOTO GP yang nge-link ke situs anda, dengan anchor text berupa “game MOTO GP”!

Maka...

Ini adalah indikator relevansi yang PALING BESAR bagi Google!! Google berpikir, semua orang bisa menyempurnakan nilai Offpage seo nya. Tapi hanya situs yang benar-benar relevan yang mendapatkan link dari halaman PR tinggi (yang relevan dengan keyword yang ingin anda incar) dengan anchor text berupa keyword tersebut!


Jadi, itulah pembahasan mengenai SEO atau Search Engine Optimization ini... 
Semoga bermanfaat untuk anda.


sumber referensi http://www.seoterpadu.com/2013/04/apa-itu-search-engine-optimization-seo.html

Tags:
About the Author

Isi dari blog ini adalah hasil penyuntingan dan penterjemahan dari artikel yang sudah ada diinternet, Kami hanya ingin mendedikasikan blog ini untuk penyebarluasan ilmu, informasi dan artikel menarik. Semoga bermanfaat.

Get Updates

ketik email anda di sini untuk berlangganan.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Powered By Blogger
© 2013 Planet Anehnymous. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top